Definisi Social Media
Andreas
Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan "social media sebagai kelompok berbasis
internet aplikasi yang dibangun di atas fondasi ideologi dan teknologi Web 2.0
dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content.".
Tipe Social Media
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mengklasifikasikan
media sosial menjadi enam jenis yaitu:
1. Kolaborasi Proyek
Ada dua subkategori dalam jenis social media,
yaitu wiki dan aplikasi bookmark sosial. Wiki adalah situs yang memungkinkan
pengguna untuk menambah, menghapus, dan mengubah konten berbasis teks. Saat
ini, wiki yang paling populer di Internet adalah Wikipedia. (www.wikipedia.com).
Subkategori lainnya adalah aplikasi bookmark sosial, yang memungkinkan
pengumpulan berbasis kelompok dan rating link internet atau konten media.
Contoh untuk aplikasi bookmark sosial adalah Reddit (www.reddit.com)
di mana di mana link dan posting dinilai oleh pengguna. Proyek kolaborasi
menjadi sumber utama informasi bagi banyak konsumen. Tidak penting apakah
semuanya di Wikipedia benar atau tidak. Banyak orang bahwa informasi di
Wikipedia itu benar, dan hal ini menjadi penting bagi sebuah perusahaan untuk
member info yang tepat mengenai perusahaan itu di Wikipedia.
2. Blog
Sebuah blog adalah situs web yang
menyampaikan penulis atau kelompok penulis pendapat atau pengalaman. Menulis
blog bisa menjadi berbagai jenis, termasuk buku harian pribadi atau informasi
di daerah konten spesifik. Sebuah blog dapat mencakup teks, gambar, dan video.
Saat ini perusahaan menggunakan blog untuk memperbarui keadaan internal
perusahaandan menjaga agar tetap berhubungan dengan konsumen. Menjaga blog
up-to-date dan menarik dapat menghasilkan trafik dan membawa pengunjung baru ke
situs perusahaan. Sebuah blog juga dapat membantu Anda merasa lebih relatable
untuk audiens Anda, yang akan meningkatkan awareness perusahaan dalam pikiran mereka.
Beberapa situs yang menjadi tempat posting gratis buat para blogger, di
antaranya www.blogspot.com dan www.wordpress.com
3. Konten Masyarakat
Tujuan utama dari masyarakat adalah untuk
berbagi konten konten media antara pengguna. Konten bisa apa saja seperti situs
berbagi foto seperti Flickr dan Imgur, situs berbagi video seperti
Youtube, dan slide Power Point di situs seperti Slideshare. Masyarakat
mendistribusikan materi berhak cipta untuk jumlah yang sangat besar orang. Di
lain pihak, pengguna di Internet saat ini mengharapkan hal yang paling untuk
bebas, dan ini merupakan peluang untuk memasarkan diri Anda agar dapat
menghasilkan banyak kepentingan dengan biaya minimal.
4. Situs social networking
Situs jejaring sosial adalah aplikasi yang
memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan menggunakan profil pribadi. Profil
pribadi dapat mencakup semua jenis informasi termasuk foto, video, file audio,
dan blog. Situs jejaring sosial umumnya mencakup fitur seperti instant
messaging dan email. Situs jejaring sosial dapat membantu Anda membuat
jaringan. Perusahaan dapat mengembangkan merek mereka dengan menciptakan
kehadiran untuk merek mereka dalam masyarakat dan tetap aktif. Beberapa contoh
situs social networking yaitu Facebook,
Twitter, My Space, dan Google Plus.
5. Dunia Game Virtual
Sebuah dunia game virtual adalah lingkungan
tiga dimensi di mana pengguna dapat berinteraksi menggunakan avatar pribadi.
Dunia game virtual umumnya memiliki seperangkat aturan ketat yang harus diikuti
dalam konteks Peran Multiplayer Massively Online Bermain Game (MMORPG).
Permainan yang paling populer dalam kategori ini termasuk World of Warcraft dan Everquest.
Melalui game-game ini seseorang dapat memperoleh lebih banyak popularitas yang
dapat digunakan untuk menarik pasar tertentu.
6. Dunia sosial Virtual
adalah situs yang memungkinkan pengguna untuk
berinteraksi dalam platform tiga dimensi menggunakan avatar dalam cara yang
mirip dengan kehidupan asli. Contoh nya adalah Second Life (www.secondlife.com)
. Uang yang digunakan dalam permainan Second Life dapat di konvers menjadi uang
yang sebenarnya ke rekening bank Anda, dan jika perusahaan belajar untuk
memanfaatkannya, dapat menjadi sumber nyata media income.
Social media adalah istilah yang luas yang
bisa sangat berbeda antara satu sama lain tentang cara menggunakannya, karena
tiga hal yang membangun itu, yaitu:
- Teknologi, terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Juga mobile dan desktop komputer. Inovasi radikal bahwa perubahan perilaku orang di internet adalah mobile-gadget (internet dilengkapi gadget: smartphone, dan tablet komputer) dan perangkat lunak (mobile browser, mobile web, aplikasi desktop dan aplikasi mobile). Internet masih domain menengah atas kelas orang, sampai beberapa tahun yang lalu. Hampir dari semua kelas sosial masyarakat bisa mengakses internet di setiap detik. Tangan produsen ponsel juga bisa memberikan solusi untuk internet murah bagi masyarakat.
- Interaksi sosial, bagaimana orang berinteraksi dengan orang lain. Ini termasuk jawaban dari beberapa pertanyaan, tentang: bagaimana interaksi yang terbentuk? Apa jenis topik yang orang sering membicarakan? Untuk tujuan apa mereka berkomunikasi? Apa jenis alat yang orang sering digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain? Apa istilah yang mereka biasanya digunakan? Apa kegiatan rutin orang-orang di masyarakat lakukan? Jawaban dari semua pertanyaan di atas, secara langsung menjelaskan bagaimana interaksi sosial terjadi.
- Konten yang membangun media sosial itu sendiri. Jenis isi: kata, gambar, video, dan audio. Pada akhirnya, teknologi ini, interaksi sosial dan membangun konten media sosial itu sendiri. Tapi media sosial adalah media untuk bersosialisasi. Setiap jenis memiliki sosialisasi perilaku dari bersosialisasi. Perilaku konstan berubah menjadi kebiasaan. Pada konteks media sosial, kebiasaan masing-masing memiliki karakteristik sendiri.
0 komentar:
Posting Komentar