Sabtu, 21 November 2015

Pengertian Dan Mind Mapping Social Media



Definisi Social Media

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan "social media sebagai kelompok berbasis internet aplikasi yang dibangun di atas fondasi ideologi dan teknologi Web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content.".

Tipe Social Media

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mengklasifikasikan media sosial menjadi enam jenis yaitu:

1.    Kolaborasi Proyek

Ada dua subkategori dalam jenis social media, yaitu wiki dan aplikasi bookmark sosial. Wiki adalah situs yang memungkinkan pengguna untuk menambah, menghapus, dan mengubah konten berbasis teks. Saat ini, wiki yang paling populer di Internet adalah Wikipedia. (www.wikipedia.com). Subkategori lainnya adalah aplikasi bookmark sosial, yang memungkinkan pengumpulan berbasis kelompok dan rating link internet atau konten media. Contoh untuk aplikasi bookmark sosial adalah Reddit (www.reddit.com) di mana di mana link dan posting dinilai oleh pengguna. Proyek kolaborasi menjadi sumber utama informasi bagi banyak konsumen. Tidak penting apakah semuanya di Wikipedia benar atau tidak. Banyak orang bahwa informasi di Wikipedia itu benar, dan hal ini menjadi penting bagi sebuah perusahaan untuk member info yang tepat mengenai perusahaan itu di Wikipedia.

2. Blog

Sebuah blog adalah situs web yang menyampaikan penulis atau kelompok penulis pendapat atau pengalaman. Menulis blog bisa menjadi berbagai jenis, termasuk buku harian pribadi atau informasi di daerah konten spesifik. Sebuah blog dapat mencakup teks, gambar, dan video. Saat ini perusahaan menggunakan blog untuk memperbarui keadaan internal perusahaandan menjaga agar tetap berhubungan dengan konsumen. Menjaga blog up-to-date dan menarik dapat menghasilkan trafik dan membawa pengunjung baru ke situs perusahaan. Sebuah blog juga dapat membantu Anda merasa lebih relatable untuk audiens Anda, yang akan meningkatkan awareness perusahaan dalam pikiran mereka. Beberapa situs yang menjadi tempat posting gratis buat para blogger, di antaranya www.blogspot.com dan www.wordpress.com 

3. Konten Masyarakat

Tujuan utama dari masyarakat adalah untuk berbagi konten konten media antara pengguna. Konten bisa apa saja seperti situs berbagi foto seperti Flickr dan Imgur, situs berbagi video seperti Youtube, dan slide Power Point di situs seperti Slideshare. Masyarakat mendistribusikan materi berhak cipta untuk jumlah yang sangat besar orang. Di lain pihak, pengguna di Internet saat ini mengharapkan hal yang paling untuk bebas, dan ini merupakan peluang untuk memasarkan diri Anda agar dapat menghasilkan banyak kepentingan dengan biaya minimal.

4. Situs social networking

Situs jejaring sosial adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan menggunakan profil pribadi. Profil pribadi dapat mencakup semua jenis informasi termasuk foto, video, file audio, dan blog. Situs jejaring sosial umumnya mencakup fitur seperti instant messaging dan email. Situs jejaring sosial dapat membantu Anda membuat jaringan. Perusahaan dapat mengembangkan merek mereka dengan menciptakan kehadiran untuk merek mereka dalam masyarakat dan tetap aktif. Beberapa contoh situs social networking yaitu Facebook, Twitter, My Space, dan Google Plus. 

5. Dunia Game Virtual 

Sebuah dunia game virtual adalah lingkungan tiga dimensi di mana pengguna dapat berinteraksi menggunakan avatar pribadi. Dunia game virtual umumnya memiliki seperangkat aturan ketat yang harus diikuti dalam konteks Peran Multiplayer Massively Online Bermain Game (MMORPG). Permainan yang paling populer dalam kategori ini termasuk World of Warcraft dan Everquest. Melalui game-game ini seseorang dapat memperoleh lebih banyak popularitas yang dapat digunakan untuk menarik pasar tertentu. 

6. Dunia sosial Virtual 

adalah situs yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dalam platform tiga dimensi menggunakan avatar dalam cara yang mirip dengan kehidupan asli. Contoh nya adalah Second Life (www.secondlife.com) . Uang yang digunakan dalam permainan Second Life dapat di konvers menjadi uang yang sebenarnya ke rekening bank Anda, dan jika perusahaan belajar untuk memanfaatkannya, dapat menjadi sumber nyata media income. 

Social media adalah istilah yang luas yang bisa sangat berbeda antara satu sama lain tentang cara menggunakannya, karena tiga hal yang membangun itu, yaitu: 

  • Teknologi, terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Juga mobile dan desktop komputer. Inovasi radikal bahwa perubahan perilaku orang di internet adalah mobile-gadget (internet dilengkapi gadget: smartphone, dan tablet komputer) dan perangkat lunak (mobile browser, mobile web, aplikasi desktop dan aplikasi mobile). Internet masih domain menengah atas kelas orang, sampai beberapa tahun yang lalu. Hampir dari semua kelas sosial masyarakat bisa mengakses internet di setiap detik. Tangan produsen ponsel juga bisa memberikan solusi untuk internet murah bagi masyarakat. 
  • Interaksi sosial, bagaimana orang berinteraksi dengan orang lain. Ini termasuk jawaban dari beberapa pertanyaan, tentang: bagaimana interaksi yang terbentuk? Apa jenis topik yang orang sering membicarakan? Untuk tujuan apa mereka berkomunikasi? Apa jenis alat yang orang sering digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain? Apa istilah yang mereka biasanya digunakan? Apa kegiatan rutin orang-orang di masyarakat lakukan? Jawaban dari semua pertanyaan di atas, secara langsung menjelaskan bagaimana interaksi sosial terjadi.
  • Konten yang membangun media sosial itu sendiri. Jenis isi: kata, gambar, video, dan audio. Pada akhirnya, teknologi ini, interaksi sosial dan membangun konten media sosial itu sendiri. Tapi media sosial adalah media untuk bersosialisasi. Setiap jenis memiliki sosialisasi perilaku dari bersosialisasi. Perilaku konstan berubah menjadi kebiasaan. Pada konteks media sosial, kebiasaan masing-masing memiliki karakteristik sendiri. 

0 komentar:

Posting Komentar